Apa Kelebihan 4.5G Bila Diterapkan di Indonesia?

Beberapa operator tanah air, Telkomsel satu diantaranya, sukses lakukan ujicoba tehnologi jaringan 4.5G di sebagian titik tempat. Apabila kelak resmi dikomersialkan, apa sajakah keunggulan serta manfaatnya? Deputy Director ICT Strategy and Marketing Huawei Indonesia Mohamad Rosidi menerangkan dari sisi kecepatan, tehnologi 4.5G dapat mendorong kecepatan internet meraih 1GB. Dari kecepatan itu ada tiga segi sebagai aplikasi tehnologi 4.5G yakni video, WTTx serta Cellular Internet of Things. Dari segi itu yang paling menarik yaitu menyoal WTTx. Rosidi menerangkan pada intinya WTTx nyaris sama juga dengan FTTX atau yang juga dikenal fiber optic (FO) untuk tempat tinggal, tetapi bedanya WTTx dipasang dengan cara wireless.

Apa Kelebihan 4.5G Bila Diterapkan di Indonesia?

Jadi, contoh operator, tinggal memasangkan sejenis modem spesial untuk menangkap jaringan lalu ditembakan berbentuk WiFi. Cuma bedanya, tidak seperti FTTx, pelanggan tidak butuh menarik kabel jaringan. Dari segi usaha juga, operator juga tidak butuh lagi mesti membongkar jalan serta menempatkan tiang untuk menyalurkan internet yang diperlukan. Jadi, coverage luas, kecepatan dobel, jarak semakin nambah serta semakin bagus. Masalah experience juga tidak jauh tidak sama. Rosidi mengklaim, service WWTx pas untuk pasar Indonesia, yang mana infrastruktur fiber optic-nya belum rata. Satu diantara negara di Asia Tenggara yang telah mengaplikasikan tehnologi ini yaitu Filipina.

Sudah pasti ini begitu pas untuk Indonesia yang tengah menggenjot dunia digital supaya dapat di nikmati banyaknya kelompok, terutama Usaha Kecil Menengah (UKM). Lantaran di bidang sebagai pilar paling utama ekonomi Indonesia itu, berperan kian lebih 60% Product Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Bahkan juga, pemerintah Indonesia meyakini nilai e-commerce tanah air bakal menembus angka US$130 miliar pada th. 2020 yang akan datang.

Iklan