Kecepatan Internet Indonesia Kalah dari Brunei & Kamboja

Satu riset yang dikerjakan oleh OpesnSignal tunjukkan Korea Selatan masihlah dengan status negara dengan koneksi internet paling cepat didunia dengan kecepatan donlot rata-rata sampai 37,5 Mbps. Sesaat untuk tanah air berada pada posisi jauh di peringkat ke-8 dari bawah dari 80 negara dengan rata-rata kecepatan internet cuma 4,72 Mbps. Riset ini dapat memerlihatkan negara-negara di lokasi Asia Timur serta Eropa Utara masihlah menguasai dalam soal kecepatan internet. Urutan dari bawah Korea Selatan, ada Norwegia, Hungaria, serta Singapura melekat ketat dengan kisaran kecepatan di 30-an Mbps.

inyet

Negara lain di lokasi Asia Tenggara masihlah jauh ketinggalan dengan Singapura. Paling dekat yaitu Brunei Darussalam yang mempunyai kecepatan 9,95 Mbps, disusul oleh Malaysia yang 10 peringkat di bawahnya dengan kecepatan 7,86 Mbps. Rekor Indonesia di lokasi ASEAN sendiri sekalipun tak dapat dibanggakan. Filipina yaitu hanya satu negara di Asia Tenggara yang peringkatnya dibawah Indonesia. Filipina ada di peringkat ke-86 dengan kecepatan akses 3,33 Mbps. Indonesia kalah dari negara tetangga seperti Kamboja, Myanmar, serta Thailand. Infrastruktur jaringan internet yang yang belum rata disangka jadi aspek yang bikin rekor Indonesia di riset kesempatan ini demikian rendah.

Sesaat Vietnam, Laos, serta Timor Leste tak masuk kedalam riset ini. Sebagai contoh negara dengan jaringan LTE yang cepat namun tak rata bakal turunkan rata-rata keseluruhnya satu negara di banding yang miliki kecepatan LTE umum namun lebih rata. OpenSignal memadukan kecepatan dari jaringan LTE, 4G, serta 3G. Tetapi mereka juga mengkalkulasi rata-rata kecepatan global di setiap jaringan seperti 3G di angka 3,3 Mbps serta LTE di angka 17,4 Mbps. Penelitian ini dikerjakan dengan mengumpulkan data riset dari aplikasi mereka yang sudah mengedar di 87 negara dipilih. Data datang dari jutaan hp cerdas dari 1 juta lebih pemakai yang sudah mengunduh aplikasi OpenSignal sepanjang periode 1 November 2016 hingga 31 Januari 2017.

Daftar kecepatan internet di Asia Tenggara :
– Singapura 30,05 Mbps
– Brunei 9,95 Mbps
– Malaysia 7,86 Mbps
– Thailand 6,09 Mbps
– Kamboja 5,67 Mbps
– Myanmar 4,81 Mbps
– Indonesia 4,72 Mbps
– Filipina 3,33 Mbps

Iklan